KISAH INSPIRATIF PENGUSAHA SUKSES WANITA INDONESIA

Tidak sedikit wanita Indonesia yang memiliki jiwa wirausaha. Bahkan, beberapa di antaranya sudah sukses menjadikan usahanya terkenal di seluruh dunia. Produk-produk usaha dari wanita-wanita wirausaha ini biasanya tidak jauh dari kebutuhan-kebutuhan wanita pada umumnya. Seperti kosmetik dan pakaian. Salah satu wirausaha wanita Indonesia yang mendunia adalah Martha Tilaar (78 tahun). Wirausaha wanita yang memiliki usaha kosmetik ini memiliki kegigihan dalam menjalankan usahanya. Siapa yang tidak kenal merk kosmetik “Sari Ayu” di Indonesia saat ini? Kemampuan mengembangkan usahanya menciptakan brand awarness produk “Sari Ayu” begitu tinggi.


Berdiri di tahun 1977, “Sari Ayu” diawali dengan produksi rumahan. Setelah sepuluh tahun berdiri, Martha Tilaar mulai mendirikan pabrik kosmetik pertamanya. Dari sini, usahanya berlanjut terus hingga ia mampu bersaing dengan produk kosmetik lain dari mancanegara. Kegigihan dan keuletannya mengembangkan “Sari Ayu” menjadikan dirinya dianggap masuk dalam daftar wanita Indonesia yang paling berpengaruh.


Wanita wirausaha Indonesia lain yang mendunia adalah Josephine Komara (meninggal di tahun 2013). Ia lebih dikenal dengan nama Obin. Ia bergerak di bidang desainer pakaian bertema batik. Ia adalah pendiri dan pemilik gerai batik bernama “Bin House” yang berdiri sejak tahun 1986. Ketertarikannya pada dunia batik membuatnya berkeliling dunia untuk mengenalkan batik. Dikenal sebagai sosok yang rendah hati, Obin dianggap berjasa begitu banyak bagi perkembangan batik Indonesia. Berbagai karya desainnya menghiasi museum-museum di dunia. Ia diakui sebagai wirausaha wanita yang berhasil membawa batik hingga tingkat yang paling tinggi. Bahkan, ia dijuluki sebagai “harta karun nasional” karena keteguhannya mengenalkan batik ke penjuru dunia.


Wirausaha wanita lain yang menghiasi khazanah Indonesia adalah Kartini Muljadi. Pada awalnya, ia adalah seorang hakim dan notaris di Jakarta. Tekanan ekonomi memaksanya berpikir mencari pendapatan yang lebih baik. Ia pun mendirikan kantor pengacara dan biro jasa hukum sendiri yang bernama “Kartini Muljadi & rekan”. Dari usahanya ini, ia mengembangkan usahanya lebih jauh lagi. Ia dan anak-anaknya mendirikan sebuah perusahaan obat-obatan yang bernama “Tempo Scan Pacific”. Selain perusahaan obat-obatan, Kartini Muljadi dan anak-anaknya mendirikan beberapa perusahaan lain yang bergerak di berbagai bidang. Dari usaha-usahanya inilah, Kartini Jumadi diganjar sebagai wanita Indonesia paling kaya versi majalah Forbes.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama